Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Koperasi Kartika Wijaya Di Kelurahan Wirun Kecamatan Mojolaban Tahun 2013

Pamulasari, Desna Putri and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and -, Dr.Darsinah, M.Si (2013) Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Koperasi Kartika Wijaya Di Kelurahan Wirun Kecamatan Mojolaban Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Koperasi Kartika Wijaya di Kelurahan Wirun Kecamatan Mojolaban Tahun 2013.Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh usaha mikro kecil dan menengah di Kelurahan Wirun Kecamatan Mojolaban yang berjumlah sekitar 150 UMKM .Sampel diambil sebanyak 30 sampel secara teknik non random dengan sampling kuota.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana ,uji F,uji t, dan koefisien determinan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Pemberian kredit terhadap peningkatan pendapatan UMKM pada Koperasi Wijaya di Kelurahan Wirun Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo ternyata memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil analisis data bahwa diketahui thitung 3,498. Kemudian merujuk pada ttabel dengan taraf signifikansi 95% dengan ∝ = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 2,052. Apabila dibandingkan thitung dengan ttabel ,maka thitung > ttabel Atau 3,498 > 2,052 sehingga hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya.2) Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian kredit terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (12,233 > 4,20) dengan tingkat signifikan 0,002 atau lebih kecil dari 0,05. 3) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,304 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemberian kredit terhadap peningkatan pendapatan UMKM adalah sebesar 30,4 %, sedangkan 69,6 % sisanya dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kredit, Pendapatan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 07:08
Last Modified: 29 Oct 2021 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item