Penerapan Metode 10 Jam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Taruna Al-Qur’an, Sariarjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Mustapa, Edi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2013) Penerapan Metode 10 Jam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Taruna Al-Qur’an, Sariarjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (420kB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu proses belajar Al-Qur’an yang disampaikan pendidik kepada peserta didik, dengan tujuan agar peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan. Adapun model pembelajaran yang menggunakan metode praktis diantaranya adalah dengan menggunakan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an. Metode ini disusun untuk belajar cepat dalam membaca Al-Qur’an. Pelajar yang sungguh-sungguh akan segera bisa membaca setelah mempelajari buku tersebut. Dengan diterapkannya metode 10 jam ini peserta didik diajari secara langsung tanpa harus dieja, cepat, benar dan lancar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka menjadi penting untuk dilakukan penelitian tentang penerapan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an. Rumusan masalah yang peneliti ambil yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Taruna Al-Qur’an Yogyakarta, dan 2) Faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an, faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah hazanah dalam pendidikan Al-Qur’an dan sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran Al-Qur’an. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 10 jam pembelajaran Al-Qur’an dilakukan melalui 4 (empat) program pembelajaran, di antaranya: (1) Program pembelajaran pemula, yaitu mengenalkan huruf hijaiyah dan pelafadzan huruf Arab; (2) Program pembelajaran pra tahsin, yaitu menguasai hukum-hukum bacaan berdasarkan kaidah tajwid; (3) Program pembelajaran tahsin, yaitu perbaikan bacaan yang terkadang masih melakukan kesalahan jaly maupun kesalahan khafy; dan (4) Program pembelajaran tahfidz, yaitu sebelum mulai menghafal Al-Quran terlebih dulu siswa harus membaca dengan melihat mushaf, jika bacaannya sudah benar dilanjutkan dengan menghafal. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran, yaitu: (1) Alat peraga, buku pegangan siswa dan guru, (2) Sarana dan prasarana yang memadai, dan (3) Sumber daya manusia, yaitu guru, peserta didik dan orang tua. Sedangkan faktor pengambatnya, yaitu: (1) Guru yang tidak memahami psikologi peserta didik, (2) Peserta didik yang tidak konsentrasi dalam belajar, dan (3) Buku panduan yang masih dalam revisi dan masih mencari formula yang paling efektif untuk pembelajarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 06:16
Last Modified: 29 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24647

Actions (login required)

View Item View Item