Uji Vitamin C Dan Organoleptik Permen Jelly Dari Pemanfaatan Kulit Semangka Dengan Penambahan Air Kelapa Muda Dan Daun Stevia Sebagai Pemanis

Novitasari, Baito Ayu and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Uji Vitamin C Dan Organoleptik Permen Jelly Dari Pemanfaatan Kulit Semangka Dengan Penambahan Air Kelapa Muda Dan Daun Stevia Sebagai Pemanis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (410kB)

Abstract

Permen jelly merupakan suatu produk olahan makanan dari hasil olahan. Penelitian ini menggunakan kulit semangka sebagai bahan utama dalam pembuatan permen jelly dengan penambahan air kelapa muda dan daun stevia seagai pemanis. Kandungan gula maksimun 3 gram/100 ml air kelapa. Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam air kelapa muda dan daun stevia dapat dimanfaatkan untuk pemanis permen jelly. Kandungan vitamin C pada kulit semangka yaitu 20 mg/ 100 gram daging buah merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui uji organoleptik dan uji vitamin C dalam pembuatan permen jelly kulit semangka dengan variasi penambahan air kelapa muda dan daun stevia sebagai pemanis. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, dengan jumlah 9 perlakuan kombinasi. Hasil uji organoleptik berupa data angket dan hasil uji vitamin C berupa kadar vitamin C dari setiap perlakuan. Hasil uji organoleptik yang diperoleh menunjukkan bahwa perbedaan pemanis dan perbedaan konsentrasi pemanis berpengaruh terhadap hasil uji organoleptik (warna, rasa, tekstur, aroma). Permen jelly yang paling disukai panelis adalah permen jelly dengan bahan kulit semangka dan penambahan pemanis daun stevia dan air kelapa muda sebanyak 50 ml dan 100 ml, mempunyai warna kuning, rasa sangat enak, tekstur kenyal, dan aroma khas permen jelly. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dan menggunakan dua faktorial yaitu air kelapa muda dan daun stevia dengan jumlah 9 perlakuan dengan konsentrasi gula pasir 0 (kontrol), konsentrasi daun stevia 50 dan 100 ml sedangkan konsentrasi air kelapa muda 50 dan 100 ml. Kadar vitamin C tertinggi pada penambahan daun stevia 50 ml (perlakuan K0S1) yaitu sebesar 2.97 mg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak konsentrasi daun stevia maka semakin tinggi pula kandungan vitamin C yang dihasilkan dalam permen jelly.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kulit semangka, permen jelly, air kelapa muda, daun stevia, uji organoleptik, uji vitamin C
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jul 2013 11:31
Last Modified: 31 Oct 2021 23:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24636

Actions (login required)

View Item View Item