Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Strategi Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VIIE Semester II SMP Al-Islam 1 Surakartatahun Ajaran 2012

Nuripah, Siti (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Strategi Pembelajaran Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VIIE Semester II SMP Al-Islam 1 Surakartatahun Ajaran 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki proses pembelajaran, proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Pada observasi awal kelas VIIE SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan-kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE pada mata pelajaran Biologi di SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Examples Non Examples yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan perilaku afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 74,5 atau meningkat sebesar 13,89 dari nilai awal; dan ranah afektif = 12,26 (aktif). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 79,62 (berhasil) atau meningkat sebesar 5,18 dari siklus I; ranah afektif = 14,81 (sangat aktif) atau meningkat sebesar 2,55 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Examples Non Examples pada materi Pencemaran Lingkungan siswa kelas VIIE SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada penilaian aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar biologi, strategi pembelajaran examples non examples
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jul 2013 10:50
Last Modified: 05 Jul 2013 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item View Item