Analisis Nosi Afiks dan Preposisi Pada Karangan Narasi Pengalaman Pribadi Siswa X-7 Sma Muhammadiyah 1 Surakarta

Herkawati, Nina Arvita and , Drs.Yakub Nasucha,M.Hum. (2013) Analisis Nosi Afiks dan Preposisi Pada Karangan Narasi Pengalaman Pribadi Siswa X-7 Sma Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (858kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memaparkan nosi afiks dan preposisi pada karangan narasi pengalaman pribadi siswa kelas X-7 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah karangan narasi siswa kelas X-7, sedangkan objek penelitian yakni penulisan afiks dan preposisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data, yakni peneliti mengumpulkan dan menggali data dari sumber yang berbeda-beda. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis data agih. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Prefiks meN- (bernosi “sifat”, “kausatif”, “memilih”, “perbuatan”, dan “mengiyakan”), di- (bernosi “memberi” dan “yang di-V”), ber- (bernosi “perbuatan ditujukan diri-sendiri”, “perbuatan terus-menerus”, “tempat”, “keadaan”, “mempunyai”, “berkumpul menjadi satu”, “terdiri atas”, dan “dalam keadaan yang disebutkan”), pe- (bernosi “pelaku” dan “yang menyebabkan adanya sifat”), per- (bernosi “kausatif”), ke-(bernosi “kumpulan”), ter- (bernosi “ketidaksengajaan”, “ketiba-tibaan”, “superlatif”, “perfektif”, dan “kemungkinan”), dan se- (bernosi “semua”, “sama/seperti”, “satu”, dan “waktu”). 2) Sufiks –an (bernosi “hasil perbuatan”, “objek yang di-V”, dan tidak bernosi), –i (bernosi “tempat” dan “berulangulang”), –kan (bernosi “benefaktif”, “kausatif”, “perbuatan yang dilakukan dengan usaha”), –nya (bernosi “penentu” dan “penegas hubungan”). 3) Konfiks ke-an (bernosi “hal-hal yang berhubungan dengan masalah”, “abstraksi”, “keadaan yang dikenai”), pe-an (bernosi “hal yang menyebabkan jadi”, “hasil perbuatan”, dan “peristiwa”), per-an (bernosi “hasil perbuatan”, “peristiwa”, “tempat”), ber-an (bernosi “perbuatan berbalasan” dan “berulang-ulang”), dan senya (bernosi “keadaan yang diharapkan”). 4) Preposisi asli/sejati di (bernosi “tempat berada”), ke (nosi “tempat yang dituju”), dari (bernosi “asal”, “tentang”, “tempat”, dan “antara”). 5) Preposisi majemuk di depan, di samping, di dalam, di atas, dan di belakang (bernosi “tempat berada”), ke dalam (bernosi “tempat yang dituju”), dan dari atas (bernosi “tempat”). 6) Preposisi bentuk lain untuk (bernosi “tujuan”), dengan (bernosi “cara”, “keadaan”, “kawan”), oleh (bernosi “pelaku”), dan tentang (bernosi “permasalahan”).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nosi, afiks, preposisi, karangan narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2013 07:50
Last Modified: 31 Oct 2021 01:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24630

Actions (login required)

View Item View Item