Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1)

Kusumaningtyas, Yolan and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Surakarta 1). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) di kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VIIIA MTs Negeri Surakarta 1. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa siswa.Hal ini dapat terlihat dari : (1) Menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 73,33%. (2) Mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 16,67% dan di akhir tindakan mencapai 76,67%. (3) Percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 26,67% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. (4) Mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 23,33% dan di akhir tindakan mencapai 83,33%. Nilai siswa yang tuntas ≥ 63 sebelum tindakan 16,67 % dan di akhir tindakan 83,33%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS), Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2013 10:34
Last Modified: 01 Nov 2021 22:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item View Item