Pengaruh Minat Belajar Dan Kehadiran Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo

Khusna, Rikado Nila and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Pengaruh Minat Belajar Dan Kehadiran Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dan (3) untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo tahun 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa kelas VIII. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan mencari sumbangan relatif dan efektif yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Dari hasil penelitian dengan menggunakan ∝ = 5% diperoleh (1) minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung>ttabel, yaitu 2,19461>1,960 dan sumbangan efektif sebesar 13,2118%, (2) kehadiran siswa dalam belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung>ttabel, yaitu 2,23617>1,960 dan sumbangan efektif sebesar 13,5377%, (3) minat belajar dan kehadiran siswa dalam belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan Fhitung>Ftabel, yaitu 10,49275>3,23 dan (4) prosentase pengaruh minat belajar dan tingkat kehadiran siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 3 Mojosongo adalah sebesar 30%, sedangkan 70% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kehadiran siswa, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2013 08:54
Last Modified: 01 Nov 2021 20:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24619

Actions (login required)

View Item View Item