Pembelajaran Active Learning Di SMK Prawira Marta Kartasura (Studi Perbandingan Penggunaan Strategi Every One Is a Teacher Here dan Strategi Talking Stick dalam Mata Pelajaran PAI)

Aprilia, Irin and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Pembelajaran Active Learning Di SMK Prawira Marta Kartasura (Studi Perbandingan Penggunaan Strategi Every One Is a Teacher Here dan Strategi Talking Stick dalam Mata Pelajaran PAI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (924kB)

Abstract

Active Learning merupakan suatu pembelajaran yang mengajak peserta didiknya untuk belajar secara aktif. Jadi peserta didiklah yang mendominasi aktivitas pembelajaran. Dengan active learning peserta didik dapat menggunakan otaknya secara aktif baik untuk menemukan ide pokok, memecahkan persoalan, dan mengaplikasikan materi pelajaran dalam kehidupan nyata. Konsep active learning juga sudah sesuai dengan sistem pendidikan nasional dan PP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Supaya sistem pendidikan dan standart nasional pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, maka guru dalam hal ini mempunyai peranan penting. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah pelaksanaan active learning dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi every one is a teacher here dan strategi talking stick. termasuk persamaan dan perbedaan kedua strategi dalam pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran PAI. Termasuk menemukan persamaan dan perbedaan antara menggunakan strategi every one is a teacher here dan strategi talking stick. Manfaat penelitian ini ialah dapat memberi kontribusi guna memberikan sumbangan kepada pembelajaran PAI, terutama pada peningkatan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran melalui active learning. Selain itu, dapat memberikan sumbangan dalam rangka perbaikan Strategi Pembelajaran PAI Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran active learning dalam mata pelajaran PAI di SMK Prawira Marta Kartasura menggunakan strategi yang bervariasi. Pelaksanaan pembelajaran active learning dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI), terdapat beberapa kesesuaian antara langkah-langkah yang dipaparkan oleh teori dengan langkah-langkah yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran. Namun demikian untuk strategi every one is a teacher here terdapat beberapa modifikasi yang dilakukan dalam pelaksanaan langkah-langkahnya. Sedangkan strategi talking stick sudah sesuai dengan langkah-langkahnya, hanya terdapat modifikasi yang dilakukan pada alat yang digunakan sebagai tongkat serta cara melantunkan musik. Persamaan antara kedua strategi ini adalah strategi yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi yang memiliki banyak sub komponen. Membuat siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Adapun perbedaan antara kedua strategi yaitu menjadi terlihat, bahwa siswa lebih aktif bila menggunakan strategi talking stick daripada strategi every one is a teacher here meskipun kedua strategi tersebut sama-sama merupakan strategi active learning.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Active Learning, Pelajaran PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 07:51
Last Modified: 29 Oct 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24617

Actions (login required)

View Item View Item