Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 )

Ratyanti, Aminiatingtyas and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika melalui penerapan strategi Contextual Teaching and Learning bagi siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII BI sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 22, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan memecahkan masalah. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika. Hal ini dilihat dari indikator kemampuan memecahkan masalah matematika yaitu: 1) kemampuan memahami soal sebelum tindakan (27,27%), setelah tindakan (90,47%), 2) kemampuan membuat rencana penyelesaian sebelum tindakan (22,72%), setelah tindakan (85,71%), 3) kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat sebelum tindakan (22,72%), setelah tindakan (80,95%), 4) melihat kembali hasil penyelesaian soal sebelum tindakan (18,18%), setelah tindakan (71,42%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; Memecahkan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 11:12
Last Modified: 01 Nov 2021 20:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24609

Actions (login required)

View Item View Item