Muatan Materi Pendidikan Bela Negara (Analisis Isi Pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX Karangan Agus Dwiyono dkk Serta Pelaksanaannya Di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013)

Kusumaningrum, Meida (2013) Muatan Materi Pendidikan Bela Negara (Analisis Isi Pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX Karangan Agus Dwiyono dkk Serta Pelaksanaannya Di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (857kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mendeskripsikan muatan materi pendidikan bela negara melalui analisis isi pada buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX Karangan Agus Dwiyono dkk yang digunakan di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. 2) untuk menggambarkan pelaksanaannya pendidikan bela negara di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan sumber data tidak bergerak, yaitu buku PKn kelas IX karangan Agus Dwiyono dkk dan bergerak, yaitu kepala sekolah, guru PKn dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang kelas IX. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu, pertama trianggulasi sumber data berupa informasi dari kepala sekolah, guru PKn, siswa dan dokumen berupa buku PKn karangan Agus Dwiyono dkk. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Teknik analisis interaktif dengan analisis isi. Analisis interaktif dengan analisis isi digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh dari data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) muatan materi pendidikan bela negara yang terkandung dalam buku PKn Kelas IX karangan Agus Dwiyono dkk yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum dan SKKD PKn, nilai-nilai pendidikan bela negara yang termuat pada buku PKn kelas IX karangan Agus Dwiyono dkk dalam bentuk materi dan soal uji kompetnsi. Adapun nilai-nilai bela Negara tersebut meliputi mencintai tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara; 2) Pelaksanaan pendidikan bela negara di SMP Muhammadiyah 7 Sumberlawang, Kabupaten Sragen dilakukan bersamaan dalam proses pembelajaran PKn oleh guru PKn, pendidikan bela negara juga termuat dalam silabus dan RPP. Selain itu, pelaksanaan pendidikan bela negara juga dilakukan diluar kelas dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Muatan materi Buku PKn, Pelaksanaan Pendidikan Bela Negara, Pendidikan PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2013 10:24
Last Modified: 02 Jul 2013 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24608

Actions (login required)

View Item View Item