Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa VII A SMP N 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013

Meitasari, Melina and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Pada Siswa VII A SMP N 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA_lagi.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses belajar siswa dalam proses pembelajaraan Ekomomi melalui metode STAD pada siswa kelas VII A SMP N 2 GATAK Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi tindakan, 4) refleksi tindakan 5) dokumentasi, 6) review. Obyek penelitian ini seluruh kelas VII A berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian yaitu peningkatan keaktifan, metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan kreativitas. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan pada pokok bahasan kreativitas. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa bertanya sebelum melakukan penelitian sebanyak 2 siswa (6,25 %), pada putaran I sebanyak 13 siswa (40,62 %), dan pada putaran ke II sebanyak 24 siswa (75 %). Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum melakukan tindakan sebanyak 2 siswa (6,25 %), pada putaran I sebanyak 13 siswa (40,62 %) dan pada putaran ke II sebanyak 26 siswa (81,25 %). Siswa yang aktif mempresentasikan materi sebelum melakukan penelitian sebanyak 0 siswa (0 %), pada putaran I sebanyak 12 siswa (37,5 %) dan pada putaran ke II sebanyak 22 siswa (68,75 %). Aktif dalam menegrjakan soal mandiri sebelum melakukan tindakan sebanyak 5 siswa (15,62 %), pada putaran I sebanyak 10 siswa (31,25 %) dan pada putaran ke II 25 siswa (78,12 %). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivment Division) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Metode STAD (Student Team Achivment Divison).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 09:09
Last Modified: 29 Oct 2021 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24605

Actions (login required)

View Item View Item