Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Dan Cara Belajar Siswa Kelas X SMa Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013

Muslichah, Muslichah (2013) Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Dan Cara Belajar Siswa Kelas X SMa Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa kelas X SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 119 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang berupa nilai hasil belajar siswa (nilai raport ekonomi). Angket sebelumnya diujicobakan dengan menguji validitas item angket serta reliabilitas angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linear: Y= 64,805 + 0,095X1 + 0,189X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,213 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,029, dengan sumbangan efektif sebesar 8,4%; 2) Ada pengaruh yang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,622 > 1,981 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 21,9%; 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 25,220 > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan relatif sebesar 27,7% dan sumbangan efektif 8,4%, variabel cara belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 72,3% dan sumbangan efektif 21,9%, sedangkan kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan cara belajar terhadap hasil belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 100%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,303 (30,3%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Siswa dalam Mengerjakan Tugas, Cara Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2013 08:08
Last Modified: 02 Jul 2013 08:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item