Analisis Penggunaan Kalimat Perintah Guru Dalam Proses Kegiatan Belajar-Mengajar Di SD Negeri 09 Panggang, Kabupaten Jepara

Andriani, Rena Fiesty and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2013) Analisis Penggunaan Kalimat Perintah Guru Dalam Proses Kegiatan Belajar-Mengajar Di SD Negeri 09 Panggang, Kabupaten Jepara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui wujud kalimat perintah guru dalam proses kegiatan belajar-mengajar di SD Negeri 09 Panggang, kabupaten Jepara dan mendeskripsikan klasifikasi kalimat perintah guru dalam proses kegiatan belajar-mengajar di SD Negeri 09 Panggang, kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif yang berupa kalimat-kalimat lisan yang memunculkan kalimat perintah ketika guru melakukan proses belajar mengajar di kelas. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode padan referensial. Hasil analisis wujud kalimat perintah guru dalam proses kegiatan belajar-mengajar di SD Negeri 09 Panggang, kabupaten Jepara antara lain meliputi: 1. wujud kalimat perintah biasa yang menyatakan tuturan perintah guru memerintah siswa dengan sederhana dengan mengharapkan suatu respon, 2. wujud kalimat perintah permintaan yang menyatakan guru memerintah siswa dengan cara meminta, 3. wujud kalimat perintah ijin yang menyatakan tuturan guru memperkenankan siswa berbuat sesuatu, 4. wujud kalimat perintah ajakan yang menyatakan ajakan guru kepada siswa, 5. wujud kalimat perintah syarat yang menyatakan guru memerintah siswa dengan suatu syarat yang diinginkan guru, dan 6. wujud kalimat perintah larangan yang menyatakan tuturan perintah guru melarang siswa. Klasifikasi kalimat perintah guru dalam proses kegiatan belajar-mengajar di SD Negeri 09 Panggang, kabupaten Jepara ditemukan: 1. penggunaan kata “coba”, “tolong”, dan “silahkan” pada kalimat perintah permintaan, 2. kalimat perintah ijin di awal kalimat menggunakan kata “ya” dan “ambillah”, 3. penggunaan kata “ayo” pada kalimat perintah ajakan, dan 4. terdapat bentuk ingkar “jangan” pada kalimat perintah larangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kalimat Perintah, Tuturan Guru, Kegiatan Belajar-Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2013 12:29
Last Modified: 31 Oct 2021 00:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24598

Actions (login required)

View Item View Item