Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pelayanan Keperawatan Dengan Loyalitas Pelanggan RSUD Dr. Moewardi Di Surakarta

Fitria, Nadea (2013) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pelayanan Keperawatan Dengan Loyalitas Pelanggan RSUD Dr. Moewardi Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (891kB)

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal penting bagi perusahaan jasa rumah sakit untuk kelangsungan perusahaannya, loyalitas pelanggan adalah respon yang terkait dengan ikrar atau janji untuk memegang teguh komitmen biasanya tercermin dalam pemakaian berkelanjutan dari penyedia jasa yang sama atas dasar dedikasi maupun kendala pragmatis. Namun, meskipun loyalitas pelanggan terbentuk, pasien yang datang didasari karena tidak bisa memilki alternatif lain untuk perawatan kesehatan di tempat lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah persepsi terhadap pelayanan keperawatan. Pelayanan yang baik akan memberikan persepsi positif pasien sehingga memiliki kaitan dengan kondisi psikologis pasien yang pada akhirnya menimbulkan rasa puas, rasa ingin kembali berkunjung sehingga menimbulkan kesetiaan (loyalitas), begitu juga sebaliknya pelayanan yang buruk akan menimbulkan persepsi negatif pasien. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 2) Untuk mengetahui tingkat persepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 3) Untuk mengetahui loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 4) Untuk mengetahui berapa persen sumbangan efektif persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Hipotesis yang di ajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan. Subjek dalam penelitian ini 100 orang. Sampel diambil dari hasil penyaringan terhadap pasien rawat inap kelas II dan III RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Cara yang digunakan untuk mengambil sampel adalah purposive sampling. Karakteristik sampelnya adalah sebagai berikut : (a) pasien yang sudah berobat ke rumah sakit tersebut sebanyak lebih dari 2 kali, (b) pasien yang berada di kelas II dan III (c) pasien yang berumur 27 tahun ke atas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, skala persepsi terhadap pelayanan keperawatan dan skala loyalitas pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. 2) Tingkat pesepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewadi di Surakarta tergolong tinggi. 3) Tingkat loyalitas pelanggan RSUD Dr. Moewadi di Surakarta tergolong tinggi. 4) Peran persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan loyalitas pelanggan sebesar 29,3%, masih terdapat 70,7% variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan selain variabel persepsi terhadap pelayanan keperawatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: loyalitas pelanggan, persepsi terhadap pelayanan keperawatan, rumah sakit
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2013 10:47
Last Modified: 01 Jul 2013 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24593

Actions (login required)

View Item View Item