Kreativitas Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Penggunaan Media Internet Dan Fasilitas Perpustakaan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010

Firmansyah, Budi Bachtiar (2013) Kreativitas Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Penggunaan Media Internet Dan Fasilitas Perpustakaan Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
(1)._Halaman_Depan.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
(2)._BAB_I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Bab II)
(3)._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab III)
(4)._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab IV)
(5)._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab V)
(6)._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
(7)._Daftar_Pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
(8)._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media internet terhadap kreativitas belajar mahasiswa, 2) pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap kreativitas belajar mahasiswa, 3) kemampuan penggunaan media internet dan fasilitas perpustakaan terhadap kreativitas belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 12,618 + 0,417 (X1) + 0,216 (X2), yang artinya kreativitas belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kritis dan kedisiplinan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan Media Internet berpengaruh signifikan terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 4,198 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Fasilitas Perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 2,494 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,014<0,05. (3) Penggunaan Media Internet dan Fasilitas Perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 28,331 > 3,071 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Variabel Penggunaan Media Internet memberikan sumbangan efektif sebesar 20,865%. Variabel Fasilitas Perpustakaan memberikan sumbangan efektif sebesar 11,235%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 32,1%, sedangkan 67,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Internet, Fasilitas Perpustakaan, Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jun 2013 12:38
Last Modified: 27 Jun 2013 12:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item