Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE) sebagai upaya Meningkatkam minat belajar siswa dalam Pembelajaran dan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIIIE SMP N 1 Teras Boyolali Tahun ajaran 2012/2013

Rahayu, Ariyanti Sri and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE) sebagai upaya Meningkatkam minat belajar siswa dalam Pembelajaran dan hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIIIE SMP N 1 Teras Boyolali Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran student Facilitator and Expalining dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Terassebanyak33 siswa.Sedangkan obyek penelitian adalah minatdan hasil belajar ekonomi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan minat belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar ekonomiyang meliputi: minat bertanya, minat mengemukakan pendapat,minat menjawab pertanyaandan minat dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru.1)minat bertanyasebelum siklus 36 %, sesudah siklus I 51%, sesudah siklus II 84 %, 2) minat mengemukakan pendapatsebelum siklus 19 %, sesudah siklus I 60%, sesudah siklusII 81 %, 3) minat menjawab pertanyaansebelum siklus 21%, sesudah siklus I 60 %, sesudah siklus II 91% dan 4) minat mengerjakan soal latihan sebelum siklus 24 %, sesudah siklus I 74 %, sesudah siklus II 95%, dan hasil belajar IPS ekonomi yang mencapai KKM sebelum siklus 30,30% dengan nilai rata – rata 60, sesudah siklus I sebanyak 60,60% dengan nilai rata - rata 70 dan sesudah siklus II sebanyak 90,90 dengan nilai rata – rata 80. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan metode Student Facilitator and explaining (SFAE) sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIIIE SMP N 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2012/2013 90% dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Student facilitator And Explaining, Minat , Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jun 2013 11:16
Last Modified: 29 Oct 2021 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24554

Actions (login required)

View Item View Item