Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Menggunakan Formasi Meja Konferensi Antara Metode Pembelajaran Snowball Drilling Dengan Talking Stick

NUR JANAH, SITI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura Menggunakan Formasi Meja Konferensi Antara Metode Pembelajaran Snowball Drilling Dengan Talking Stick. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
01._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura menggunakan formasi meja konferensi antara metode pembelajaran snowball drilling dengan talking stick. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara Cluster Random Sampling dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIB menggunakan pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi, kelas kedua VIIC menggunakan pembelajaran talking stick dan formasi meja konferensi, dan kelas ketiga VIIE sebagai kelas kontrol (konvensional). Penelitian ini memberikan sub materi yang berbeda yaitu pertama mengenai satuan dan komponen ekosistem, kedua mengenai hubungan antara komponen dan antar komponen ekosistem, dan ketiga mengenai pola interaksi dalam ekosistem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Kruskal Wallis Test. Hasil nilai rata-rata kognitif dan afektif siswa menggunakan pembelajaran talking stick dan formasi meja konferensi sebesar 89,43 dan 3,70 lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi sebesar 85,53 dan 3,51 dan konvensional sebesar 83,11 dan 3,43. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% diketahuai hasil belajar berdasarkan ketiga kelompok pembelajaran nilai Asymp. Sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,049 sehingga ada perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura menggunakan formasi meja konferensi antara metode pembelajaran snowball drilling dengan talking stick. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pembelajaran biologi menggunakan metode talking stick dan formasi meja konferensi lebih efektif dibanding pembelajaran snowball drilling dan formasi meja konferensi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: talking stick, snowball drilling, formasi meja konferensi, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2013 14:20
Last Modified: 31 Oct 2021 23:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

View Item View Item