Kontribusi Strategi Pembelajaran Langsung dan Contekstual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar

Aeni, Farida Nur and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Kontribusi Strategi Pembelajaran Langsung dan Contekstual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (864kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) perbedaan efek penggunaan strategi pembelajaran langsung dan contekstual teaching and learning terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan efek motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas paralel. Sampel dari penelitian ini kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran langsung dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran contekstual teaching and learning. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada = 5%, diperoleh : (1) tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran langsung dan contekstual teaching and learning terhadap hasil belajar dengan FA = 0,014, (2) tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 0,972, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0,035.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran langsung, contekstual teaching and learning, motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jun 2013 12:43
Last Modified: 01 Nov 2021 20:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24543

Actions (login required)

View Item View Item