Pengaruh Aktivitas Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Purwodadi Tahun 2012/2013

MULYATI, DWI SRI and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Pengaruh Aktivitas Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Purwodadi Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (397kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (213kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa; 2) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa; 3) Pengaruh aktivitas belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Purwodadi tahun ajaran 2012/ 2013. Sampel diambil sebanyak 60 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 83,93417 + 0,09333X1 + 0,37031X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh aktivitas belajar dan gaya belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,48897023 > 1,960 dengan sumbangan efektif sebesar 3,835708%.; 2) Gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,15923>1,960 dengan sumbangan efektif sebesar 3,887087%.; 3) Aktivitas belajar dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 3,298204 > 3,23 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,066985 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh aktivitas belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika, adalah sebesar 6,6985% sedangkan 93,3015% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Gaya Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jun 2013 11:15
Last Modified: 01 Nov 2021 20:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24531

Actions (login required)

View Item View Item