Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 04 Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Muryani, Tri and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 04 Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (858kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (796kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Matesih yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I pertemuan I antusias siswa mengikuti pembelajaran yaitu 14 siswa atau 53,85%, pertemuan II naik menjadi 17 siswa atau 65,38%, keaktifan siswa bertanya pertemuan I yaitu 11 siswa atau 42,31%, pertemuan II naik menjadi 15 siswa 57,69%, keberanian siswa mengungkapkan pendapat pertemuan I yaitu 11 siswa atau 42,31%, pertemuan II naik menjadi 14 siswa atau 53,85%, keaktifan siswa dalam berdiskusi pertemuan I yaitu 13 siswa atau 50,00%, pertemuan II naik menjadi 16 siswa atau 61,54%. Pada siklus II pertemuan I antusias siswa mengikuti pembelajaran yaitu 19 siswa atau 73,01%, pada pertemuan II meningkat menjadi 23 siswa atau 88,46%, keaktifan siswa bertanya pertemuan I yaitu 17 siswa atau 65,38%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 76,92%, keberanian siswa mengungkapkan pendapat pertemuan I yaitu 17 siswa atau 65,38%, pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa atau 80,77%, keaktifan siswa dalam berdiskusi pertemuan I yaitu 18 siswa atau 69,23%, pertemuan II meningkat menjadi 22 siswa atau 84,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Matesih yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I pertemuan I antusias siswa mengikuti pembelajaran yaitu 14 siswa atau 53,85%, pertemuan II naik menjadi 17 siswa atau 65,38%, keaktifan siswa bertanya pertemuan I yaitu 11 siswa atau 42,31%, pertemuan II naik menjadi 15 siswa 57,69%, keberanian siswa mengungkapkan pendapat pertemuan I yaitu 11 siswa atau 42,31%, pertemuan II naik menjadi 14 siswa atau 53,85%, keaktifan siswa dalam berdiskusi pertemuan I yaitu 13 siswa atau 50,00%, pertemuan II naik menjadi 16 siswa atau 61,54%. Pada siklus II pertemuan I antusias siswa mengikuti pembelajaran yaitu 19 siswa atau 73,01%, pada pertemuan II meningkat menjadi 23 siswa atau 88,46%, keaktifan siswa bertanya pertemuan I yaitu 17 siswa atau 65,38%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 76,92%, keberanian siswa mengungkapkan pendapat pertemuan I yaitu 17 siswa atau 65,38%, pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa atau 80,77%, keaktifan siswa dalam berdiskusi pertemuan I yaitu 18 siswa atau 69,23%, pertemuan II meningkat menjadi 22 siswa atau 84,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rotating, Trio, Exchange, Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 11:54
Last Modified: 31 Oct 2021 07:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24528

Actions (login required)

View Item View Item