Analisa Pengaruh Promotional Mix Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Batik Merak Ati Di Surakarta

Wibowo, Agus Tri (2004) Analisa Pengaruh Promotional Mix Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Batik Merak Ati Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Kebutuhan perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan yang diharapkan terutama bergantung pada kemampuan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya. Salah satu bentuk pemasaran itu antara lain adalah promosi dimana dengan melakukan promosi diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan yang signifikan. Tujuan dari promosi tersebut antara lain untuk mengenalkan akan produk yang dibuat, kemudian membujuk masyarakat untuk mencoba dan membeli produk tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan promotional mix (personal selling dan promosi penjualan) terhadap peningkatan volume penjualan pada Perusahaan Batik Merak Ati di Surakarta?” Penelitian ini hanya terbatas pada pengaruh promotional mix yang berupa personal selling dan promosi penjualan melalui sampel produk terhadap peningkatan volume penjualan. Jadi hanya pada salah satu marketing mix yaitu promosi, sedangkan pada bagian lain seperti produk, place dan price tidak dibahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan variabel promotional mix terhadap peningkatan volume penjualan dan untuk mengetahui variabel promotional mix yang paling dominan. Data yang diambil dari perusahaan antara lain data tentang sejarah perusahaan, sedangkan yang berkaitan langsung yaitu data tentang biaya – biaya promotional mix (personal selling dan promosi penjualan) juga volume penjualan dari tahun 1994 sampai 2003 per catur wulan. Dari segala permasalahan tersebut dugaan sementara atau hipotesanya adalah pengaruh yang signifikan antara kegiatan promotional mix yang berupa personal selling dan promosi penjualan lewat sampel produk terhadap peningkatan volume penjualan pada Perusahaan Batik Merak Ati di Surakarta. Dari hasil sesungguhnya ternyata pengaruh yang dihasilkan hanya biaya personal selling yang mempunyai pengaruh signifikan. Ini dibuktikan bahwa t hitung dari X1 4,208 lebih besar dari t tabel 2,045, sedangkan t hitung X2 –0,440 lebih kecil dari t tabel -2,045. Untuk F hitung 8,883 lebih besar dari F tabel 3,39. Sedangkan koefisien determinasi hanya sebesar 39,7%. Dari hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa variabel personal selling mempunyai pengaruh yang signifikan. Sedangkan variable promosi penjualan melalui sampel produk tidak berpengaruh secara signifikan. sehingga saran yang diberikan kepada perusahaan adalah tetap menggunakan cara personal selling dan mengganti promosi penjualan dengan cara lain yang bisa lebih meningkatkan volume penjualan sacara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 10:46
Last Modified: 24 Jun 2013 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item