Karakter Profetik Perilaku Sehari-Hari Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013)

Nurjanah, Anis and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Karakter Profetik Perilaku Sehari-Hari Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (590kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Nabi Muhammad SAW adalah pencerminan dari nilai-nilai luhur di dalam Al Qur’an. Apa yang disampaikan beliau baik yang tercantum dalam Al Qur’an dan As Sunnah tidak hanya berupa aturan-aturan abstrak, tetapi merupakan ajaran yang konkret yang harus dimplementasikan. Karakter perilaku yang sesuai dengan yang diteladankan oleh Rasulullah SAW inilah yang disebut dengan karakter profetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecenderungan mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meneladani perilaku profetik Rasulullah sehari-hari. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas karakter profetik perilaku nsehari-hari di kampus. Penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu teknik pengumpulan data dan sumber data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi dengan check list. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter profetik perilaku sehari-hari pada mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi meneladani perilaku Rasulullah SAW sehari-hari pada mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang meliputi perilaku baik cara makan, minum, berpakaian, berbicara dan berkomunikasi sosial tingkat kecenderungan karakter profetik perilaku sehari-hari tertetak pada tingkat sedang: (1) Cara makan mahasiswa sudah ada yang sesuai dengan I’tiba Nabi saw. namun cenderung masih jarang di lakukan sesuai dengan yang telah di ajarkan oleh Nabi SAW. (2) Cara minum mahsiswa masih belum I’tiba Nabi SAW sebagian besar mahasiswa cenderung masih kadang-kadang yang sudah sesuai dengan perilaku cara minum yang telah dicontohkan Nabi SAW. (3) Tingkat kecenderunagan cara berpakaian yang sesuai dengan ajaran Nabi SAW masih rendah karena lebih dominan kadang-kadang. (4) Cara berbicara mahasiswa sudah ada yang sesuai dengan cara berbicara Nabi SAW meskipun intensitasnya belum banyak, sebagian mahasiswa sudah ada yang sering melakukannya dan sebagian lagi kadang-kadang. (5) Cara berkomunikasi sosialnya mahasiswa sudah sesuai dengan cara berkomunikasi sosial Nabi SAW meskipun masih ada sebagian kecil yang masih kadang-kadang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter profetik, perilaku, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2013 08:43
Last Modified: 25 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item