Implementasi Ketaatan Hukum Pada Siswa (Studi Kasus Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ardi, Novita (2013) Implementasi Ketaatan Hukum Pada Siswa (Studi Kasus Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk tata tertib, ciri-ciri ketaatan hukum siswa pada pelaksanaan tata tertib sekolah, dan pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian ini yaitu studi kasus karena memfokuskan pada kasus tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk tata tertib sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun pelajaran 2012/2013, antara lain yaitu tentang kehadiran peserta didik di kelas/sekolah, tentang ketenangan dan ketertiban, tentang kewajiban mengikuti pelajaran, tentang pakaian dan kerapian, tentang kesopanan/tingkah laku, tentang berdo’a dan sholat berjama’ah, tentang kendaraan, tentang pembayaran SPP, tentang pelanggaran dan sanksi; 2) Ciri-ciri ketaatan hukum siswa pada pelaksanaan tata tertib, dapat diketahui dengan melihat buku catatan pelanggaran dan nilai kredit penyimpangan sikap/perilaku/budipekerti; 3) Pemberian sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah, dengan melihat bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Apabila pelanggaran tersebut ringan, siswa dihukum menghafalkan surat pendek, menjalankan sholat dhuha dan lain sebagainya. Sanksi pelanggaran berat yaitu siswa dikeluarkan. Selain mendapat sanksi dari pihak sekolah, siswa mendapatkan nilai kredit poin penyimpangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tata tertib, Ketaatan hukum, Nilai kredit penyimpangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2013 08:03
Last Modified: 24 Jun 2013 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24489

Actions (login required)

View Item View Item