Aspek Moral Dalam Kumpulan Puisi Asmaradana Karya Goenawan Mohamad: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Riana, Denni and , Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M. Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Aspek Moral Dalam Kumpulan Puisi Asmaradana Karya Goenawan Mohamad: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun kumpulan puisi Asmaradana karya Goenawan Mohamad, (2) menganalisis aspek moral yang terdapat dalam kumpulan puisi Asmaradana karya Goenawan Mohamad dengan tinjauan semiotik, (3) implementasi aspek moral dalam kumpulan puisi Asmaradana sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah aspek moral dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Sumber data yang diperoleh dari aspek moral pada kumpulan puisi Asmaradana karya Goenawan Mohamad yang diterbitkan oleh Grasindo tahun 1992, 143 halaman, ada 85 puisi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model pembacaan semiotik yakni, pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini, yaitu berdasarkan analisis struktural unsur-unsur pada kumpulan puisi Asmaradana saling berkaitan satu dengan yang lain sehingga membentuk totalitas makna. Berdasarkan analisis semiotik aspek moral yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu moral religi, moral kemanusiaan, moral sosial, dan moral kesabaran. Implementasi yang digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA dengan menggunakan analisis struktural, yaitu terdapat pada standar kompetensi mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung, dan kompetensi dasar 5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman, dilanjutkan 5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek moral, kumpulan puisi Asmaradana, kajian semiotik, bahan ajar sastra di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2013 06:38
Last Modified: 30 Oct 2021 23:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24479

Actions (login required)

View Item View Item