Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali)

Widiarti, Sri and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd, M. Pd. (2013) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (580kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._daftar_pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali dan untuk mendeskripsikan kendala penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda melalui kegiatan kepemudaan karang taruna “Gapura” di Dukuh Purosari dilaksanakan dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan yang didalamnya mengandung nilai-nilai karakter diantaranya kegiatan bakti social, penanaman bibit pohon, kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kegiatan turnamen futsal, kegiatan donor darah, kegiatan pembagian zakat fitrah, kegiatan rekreasi seluruh anggota, kegiatan peringatan HUT RI dan kegiatan peringatan tahun baru. Juga terdapat kendala-kendala yang dialami dalam penanaman nilai-nilai karakter pada pemuda desa melalui kegiatan karang taruna “Gapura” di Dukuh Purosari antara lain kendala pendanaan untuk program kegiatan karang taruna, kurangnya perhatian pemerintah desa dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna dan juga kendala intern anggota yaitu pembagian waktu untuk organisasi dan waktu untuk melaksanakan kegiatan pribadi masing-masing anggota.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai karakter, Pemuda desa, Karang taruna.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 08:04
Last Modified: 25 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item