Perbandingan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Melalui Strategi Think-Pair-Square dan Explicit Instruction Siswa Kelas VII SMPN 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013

Cahyani, Tiyastuti Nur (2013) Perbandingan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Melalui Strategi Think-Pair-Square dan Explicit Instruction Siswa Kelas VII SMPN 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._halaman_depan.pdf

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._naskah_publikasi.pdf

Download (441kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga melalui strategi Think-Pair-Square dan Explicit Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyudono semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D berjumlah 32 siswa mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square dan kelas VII C berjumlah 32 siswa mendapat perlakuan Explicit Instruction. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes yang diberikan pada akhir KBM dan metode dokumentasi. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu uji t. Dari hasil penelitian dengan menggunakan taraf signifikansi 5% derajat kebebasan 62 menunjukkan bahwa t hitung -0,904 dan t tabel 2,00. Karena t hitung < t tabel maka didapat kesimpulan tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga melalui strategi Think-Pair-Square dan Explicit Instruction.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Square, Explicit Instruction, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2013 07:35
Last Modified: 20 Jun 2013 08:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item