Penerapan Metode Pengajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Kelas VII A MTs Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Suryani, Alawi Dyah and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Penerapan Metode Pengajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) Kelas VII A MTs Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam proses pelajaran IPS (Ekonomi) melalui penerapan metode pengajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIIA MTsN 1 Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA MTsN 1 Wonogiri tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran IPS(Ekonomi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkahlangakh inti metode NHT adalah sebagai berikut : (1) Membagi Kelompok menjadi 6 kelompok dengan anggota tiap kelompok 5 orang, yang 1 kelompok terdiri dari 4 orang. (2) Memberi siswa nomor sehingga setiap siswa dalam tim mempunyai nomor berbeda-beda, sesuai dengan jumlah siswa di dalam kelompok. (3) Mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan yang diberikan dapat diambil dari materi pelajaran tertentu yang memang sedang di pelajari, tidak mencontek. (4) Setelah mendapatkan pertanyaan - pertanyaan dari peneliti, siswa berpikir bersama untuk menemukan jawaban. (5) Menjelaskan jawaban kepada anggota dalam timnya sehingga semua anggota mengetahui jawaban dari masing - masing pertanyaan. (6) Menyebut salah satu nomor dan setiap siswa dari tiap kelompok yang bernomor sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas. (7) Secara random memilih kelompok yang harus menjawab pertanyan tersebut, selanjutnya siswa yang nomornya disebut guru dari kelompok tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan. (8) Kelompok lain yang bernomor sama menanggapi jawaban tersebut. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode pengajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS (Ekonomi) pada siswa kelas VIIA MTsN 1 Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa selama siklus I sebesar 62,76% dan meningkat menjadi 84,83% pada siklus II; (2) Rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,30 dan meningkat menjadi 82,76 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), keaktifan siswa, hasil belajar, IPS (Ekonomi).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item