Analisis Keberhasilan Smk Muhammadiyah 2 Surakarta Melatih Ketrampilan Siswa Kelas XI Akuntansi Dengan Bank Sekolah

Dewi, Mandasari (2013) Analisis Keberhasilan Smk Muhammadiyah 2 Surakarta Melatih Ketrampilan Siswa Kelas XI Akuntansi Dengan Bank Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (408kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui sistem penilaian ketrampilan siswa dalam bidang perbankan. 2) Untuk mengetahui standar Pelayanan Bank Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. 3) Untuk mengetahui siswa kelas XI akuntansi sudah mampu menyelesaikan tahap keuangan Bank sekolah sesuai dengan siklus akuntansi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Bank sekolah, objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi: Pengurus Bank sekolah, nasabah bank sekolah, dan laporan keuangan bank. Teknik dan instrumen pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi data, trianggulasi metode dan reviu informan. Teknik Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dengan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data. Berdasar hasil penelitian diperoleh 1) Sistem penilaian ketrampilan siswa dalam bidang perbankan meliputi unsur pelayanan bank mentari kepada nassabah dan siklus akuntansi yang diselesaikan oleh petugas bank mentari. 2) Standar Pelayanan Bank Sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan meliputi berbagai pelayanan yang ada yaitu tabungan, kredit, dan lain-lain. 3) Siswa kelas XI akuntansi sudah mampu menyelesaikan tahap keuangan Bank sekolah sesuai dengan siklus akuntansi meliputi transaksi-transaksi sehari-hari dan laporan keuangan akhir periode. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Bank Mentari mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam bidang perbankan dengan pembuatan laporan keuangan sesuai dengan siklus akuntansi serta ketrampilan siswa dalam melayani nasabah kurang baik bila dibanding dengan bank konvensional pada umumnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bank sekolah, ketrampilan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 07:16
Last Modified: 20 Jun 2013 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item View Item