Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi

Riyanto, Fajar and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_depan.pdf

Download (293kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_Bab_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
4_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab III)
5_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab V)
7_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_Daftar_Pustaka.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
1_Naskah_publikasi.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran macromedia flash profesional 8 dan konvesional (tanpa media) terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Perbedaan pengaruh antara siswa dengan motivasi kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Sambi tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 34 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama pada taraf signifikasi 5% diperoleh (1) F hitung = 4,5274>F tabel =3,996 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa yang diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dengan siswa yang diterapkan pengajaran dengan metode konvesional (tanpa media) terhadap prestasi belajar siswa. (2) F hitung = 7,8623>F tabel =3,145 berarti terdapat pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (3) F hitung = 1,0396 < F tabel=3,145 berarti tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash professional 8, motivasi belajar, dan hasil prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:50
Last Modified: 01 Nov 2021 20:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24458

Actions (login required)

View Item View Item