Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Gambar Dan Pemberian Pertanyaan Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Srimintarsih, Anik and , Drs.Samian,M.M and -, Dr.Darsinah, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Gambar Dan Pemberian Pertanyaan Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09._Lampiran_Belakang.pdf

Download (23MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui media gambar dan pemberian pertanyaan pada siswa kelas VII SMPN 2 Gatak Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian berlokasi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo. Subyek dan obyek dalam penelitian ini adalah guru peneliti sebagai pelaku dan siswa kelas VII A yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data ketiga variabel dengan menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dari hasil observasi. Analisis data ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebelum dilakukan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan pemberian pertanyaan kepada siswa, jumlah rata-rata keaktifan siswa hanya mencapai 19,79% dari 32 siswa. Kemudian peneliti menerapkan penggunaan media gambar dan pemberian pertanyaan pada siswa kelas VII A SMPN 2 Gatak Sukoharjo dengan siklus I memperoleh data keaktifan siswa sebesar 48,96% dari 32 siswa. Karena dalam siklus I rata-rata keaktifan siswabelum mencapai hasil yang diharapkan, maka peneliti melanjutkan siklus II, dalam siklus II ini diperoleh hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 80,39% dari 32 siswa. Dalam siklus yang terakhir ini hasil yang diperoleh sesuai dengan indikator pencapaian yang diharapkan oleh peneliti yaitu mencapai 70%. Jadi dalam penelitian ini bahwa dengan menerapkan media gambar dan pemberian pertanyaan pada siswa dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMPN 2 Gatak Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, media gambar dan pemberian pertanyaan pada siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:41
Last Modified: 29 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24457

Actions (login required)

View Item View Item