Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Ambarsari, Iis and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si (2013) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo angkatan 2012/2013 sebanyak 285 siswa dengan sampel 158 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda yaitu Y = 45,362 + 0,283X1 + 0,249X2, artinya prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas belajar dan kemandirian belajar. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) Kelengkapan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Terbukti dari hasil perhitungan thitung untuk variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 3,899 sehingga thitung>ttabel atau 3,899>1,975 dengan nilai signifikansi 5%. (2) Kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Terbukti dari hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 3,809 sehingga thitung>ttabel atau 3,809 > 1,975 dengan nilai signifikansi 5%. (3) Kelengkapan fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Terbukti dari perhitungan uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 31,370>Ftabel sebesar 3,054 dengan nilai signifikansi 5%. (4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 50,83% dan sumbangan efektif sebesar 14,64%, sedangkan X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 49,14% dan sumbangan efektif sebesar 14,15%. (5) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,288, berarti 28,8% prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel kelengkapan fasilitas belajar dan kemandirian belajar, sisanya 71,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelengkapan fasilitas belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2013 06:22
Last Modified: 29 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item