Penerapan Everyone IS A Teacher Here Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah 3 Pedan, Klaten Tahun Ajaran2012/2013

SUCIPTO, SUCIPTO and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Penerapan Everyone IS A Teacher Here Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas XA SMA Muhammadiyah 3 Pedan, Klaten Tahun Ajaran2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (540kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Biologi pokok bahasan keanekaragaman hayati siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 3 Pedan, Klaten tahun ajaran 2012/2013 dengan penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here yang dilaksanakan dengan dua siklus yang saling berkesinambungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data kualitatif dengan cara mengamati perkembangan kualitas serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang dimulai dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian tindakan kelas: 1). Adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan II. 2). Media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 56,56 (50%) dan pada siklus II 75,43 (75%). Sedangkan pada nilai afektif pada siklus I mencapai 8,56 dan pada siklus II 10,8. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah: penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi pokok bahasan keanekaragaman hayati siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 3 Pedan, Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, hasil belajar, everyone is a teacher here, gambar dan preparat asli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2013 12:12
Last Modified: 31 Oct 2021 22:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item