Uji Kadar Protein Dan Uji Organoleptik Tape Ubi Ungu (Ipomoea Batatas L) Melalui Fermentasi Dengan Dosis Ragi Yang Berbeda Dan Penambahan Sari Kulit Buah Nanas (Ananas Comosus)

HANDAYANI, ENY and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Uji Kadar Protein Dan Uji Organoleptik Tape Ubi Ungu (Ipomoea Batatas L) Melalui Fermentasi Dengan Dosis Ragi Yang Berbeda Dan Penambahan Sari Kulit Buah Nanas (Ananas Comosus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Kandungan yang terdapat pada ubi ungu ini seperti vitamin, mineral, protein, lemak, serat kasar dan abu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kadar protein dan organoleptik tape ubi ungu melalui fermentasi dengan dosis ragi yang berbeda dan penambahan sari kulit buah nanas. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia FIK Universitas Muhammadiyah Surakarta pada bulan Januari 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor yaitu dosis ragi (1%; 1,5%; 2%) dan penambahan sari kulit buah nanas (kontrol, 30 mL, 45 mL, 60 mL) untuk setiap 0,5 kg ubi ungu diperoleh 12 macam kombinasi. Data dianalisis dengan Anova dua jalur lalu dilanjutkan dengan uji BNJ (Beda Nyata Jujur) yang berupa kadar protein pada fermentasi tape ubi ungu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar protein tertinggi 4,26 % (dosis ragi 2,0 % dan penambahan sari kulit buah nanas 60 ml), sedangkan kadar terendah 1,23 % (dosis ragi 1,0 % dan tanpa penambahan sari kulit buah nanas). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan semakin tinggi volume sari kulit buah nanas, maka semakin tinggi pula kadar proteinnya. Hasil uji organoleptik tape tanpa penambahan sari kulit buah nanas (kontrol) lebih baik dengan rasa manis, aroma kurang beralkohol, warna ungu, tekstur lunak, dibandingkan dengan penambahan sari kulit buah nanas 60 ml dengan rasa sangat asam, aroma sangat beralkohol, warna ungu kemerahan dan tekstur lunak berair.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ubi ungu, sari kulit buah nanas, dosis ragi, kadar protein, uji organoleptik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2013 11:44
Last Modified: 03 Nov 2021 19:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24447

Actions (login required)

View Item View Item