Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013

Lutfiyanti, Lutfiyanti and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dalam Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi, catatan lapangan. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Sambi sebanyak 32 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian dan hasil belajar ekonomi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemandirian belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian belajar ekonomi yang meliputi: 1) kemampuan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh guru sebelum siklus 25 %, sesudah siklus I 28,13%, sesudah siklus II 78,13 %, 2) kemampuan mengatasi kesulitan memahami bahan ajar sebelum siklus 18,75 %, sesudah siklus I 28,13%, sesudah siklus II 59,35 %, 3) percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum siklus 18,75 %, sesudah siklus I 37,50 %, sesudah siklus II 78,13% dan 4) kemampuan mengatur dirinya sendiri sebelum siklus 12,50 %, sesudah siklus I 40,63 %, sesudah siklus II 71,88%, dan hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM sebelum siklus 56,25% dengan nilai rata – rata 75, sesudah siklus I sebanyak 68,75% dengan nilai rata - rata 76 dan sesudah siklus II sebanyak 75% dengan nilai rata – rata 78. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013 sebesar 70% dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Learning Start With a Question, Kemandirian, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 19 Jun 2013 11:28
Last Modified: 29 Oct 2021 01:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24442

Actions (login required)

View Item View Item