Pengaruh Minat Belajar Dan Kemampuan Menyelesaikan Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Widayani, Retna and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Minat Belajar Dan Kemampuan Menyelesaikan Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._PRA_HALAMAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013? 2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013? 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 85 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 67,530 + 0,093X1 + 0,075X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh minat belajar dan kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2,952 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dan sumbangan efektif 12,3%. 2) Kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,598 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dan sumbangan efektif 9,4%. 3) Minat belajar dan kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Bulu Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,458 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,217 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh minat belajar dan kemampuan menyelesaikan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 21,7%, sedangkan 78,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Kemampuan Belajar, dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jun 2013 07:36
Last Modified: 29 Oct 2021 01:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24434

Actions (login required)

View Item View Item