Perbedaan Pembelajaran Biologi Melalui Media Animasi Macromedia Flash Dengan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa

PERMANA, INDRA (2013) Perbedaan Pembelajaran Biologi Melalui Media Animasi Macromedia Flash Dengan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran menggunakan media animasi Macromedia flash den menggunakan media Power point interaktif pada pokok materi Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan Fotosintesis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dilihat dari hasil belajar siswa. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih dengan uji mathcing. Kelas yang digunakan dalam penelitian diberi pembelajaran yang berbeda dan menerapkan 3 materi yang berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode post test. Analisa data menggunakan uji statistik One-Way ANOVA. Rata-rata hasil belajar kelas dengan media Macromedia flash sebesar 71,84 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakn media Power point interaktif sebesar 66,13 dan konvensional sebesar 63,31. Dari hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,670 > 3,095 maka, H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan di kelas antara pembelajaran menggunakan media animasi Macromedia flash, media Power point interaktif dan tanpa model pembelajaran serta media. Hasil Uji Lanjut Anova pembelajaran menggunakan media animasi Macromedia flash dan media Power point interaktif diperoleh 0,006 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran menggunakan media animasi Macromedia flash dan kelas kontrol 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran menggunakan media Power point interaktif dan kontrol 0,167 > 0,05 maka H0 diterima jadi tidak terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar dari ketiga kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas hasil belajar dengan menggunakn media animasi Macromedia flash, media Power point interaktif dan konvensional, dimana pembelajaran mengunakan media animasi Macromedia flash lebih efektif dibandingkan pembelajaran mengunakan media Power point interaktif dan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran biologi, Macromedia flash, Power point interaktif, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2013 12:09
Last Modified: 14 Jun 2013 12:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24422

Actions (login required)

View Item View Item