Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Reading Guide Dan Poster Session Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2012 / 2013

RAHMAWATI , DHIAN ALFIANA (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Reading Guide Dan Poster Session Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membedakan hasil belajar biologi siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Teras Boyolali khususnya kelas VIII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIIC menerapkan pembelajaran reading guide, kelas kedua VIIIG menerapkan pembelajaran poster session, dan kelas ketiga VIIID menerapkan pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu cara pengambilan nutrisi dan transformasi pada tumbuhan hijau, sistem gerak pada tumbuhan, serta hama dan penyakit pada tanaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisa data menggunakan uji statistika One-Way ANOVA melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil nilai rata-rata posttest siswa menggunakan pembelajaran reading guide sebesar (83,18 ± 4,88) lebih tinggi dari pada menggunakan pembelajaran poster session sebesar (77,42 ± 5,91) dan konvensional sebesar (75,00 ± 5,22). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai Fhitung (20,55) lebih besar dari Ftabel (3,09). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=2,97) yaitu sebesar (3,09), maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran reading guide, poster session, dan konvensional. Hasil uji lanjut anova dengan uji LSD pembelajaran reading guide dan poster session 0,00 <0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran poster session dan konvensional 0,07<0,05, maka H0 diterima maka tidak terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran reading guide dan konvensional 0,00<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai pembelajaran reading guide lebih tinggi dari nilai pembelajaran poster session dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara pembelajaran reading guide, poster session dan konvensional. Pembelajaran reading guide yang lebih efektif, sedangkan untuk pembelajaran poster session dengan konvensional memiliki selisih hasil analisis yang hampir sama, jadi pembelajaran poster session dan konvensional kurang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reading guide, poster session, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2013 11:17
Last Modified: 14 Jun 2013 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24418

Actions (login required)

View Item View Item