Upaya Meningkatkan Partisipasi Berkoperasi Sekolah Melalui Pelatihan Bagi Siswa Kelas XI SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2012/201

Afsari, Nining and , Drs.Samian,M.M and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M (2013) Upaya Meningkatkan Partisipasi Berkoperasi Sekolah Melalui Pelatihan Bagi Siswa Kelas XI SMK Wikarya Karanganyar Tahun Ajaran 2012/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi berkoperasi sekolah melalui pelatihan bagi siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina koperasi, guru mata pelajaran kewirausahaan dan siswa, objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wikarya. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, pembina koperasi yaitu manajer koperasi, pengelola koperasi, guru mata pelajaran kewirausahaan dan tiga orang dari siswa anggota koperasi dari kelas XI. Teknik dan instrumen pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi data, trianggulasi metode dan reviu informan. Teknik Analisis data dengan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dengan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Upaya meningkatkan partisipasi berkoperasi sekolah SMK Wikarya Karanganyar tidak terlepas dari peran kepala sekolah, pembina koperasi, serta guru bidang mata pelajaran kewirausahaan. Sesuai yang dijalankan meningkatkan koperasi sekolah yaitu melaksanakan pendidikan kader koperasi dengan membelajarkan siswa dalam berlatih praktek berkoperasi, meliputi: cara mendisplay barang, mengoperasikan mesin kasir, pelebelan harga, melayani pelanggan dengan baik dan cara mengelola usaha koperasi. 2) Dampak dari adanya upaya meningkatkan partisipasi berkoperasi sekolah melalui pelatihan bagi siswa kelas XI SMK Wikarya Karanganyar, dari hasil menunjukkan yaitu melalui pelatihan yang diadakan di koperasi sekolah agar koperasi sekolah benarbenar berdaya sebagaimana mestinya di lingkungan sekolah dan bagi anggotanya yaitu para siswa memberikan manfaat pengalaman berlatih wirausaha dan berorganisasi yang benar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi berkoperasi sekolah, pelatihan bagi siswaKata .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Jun 2013 11:40
Last Modified: 28 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24407

Actions (login required)

View Item View Item