Dinillah, Viska Izza and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dengan prestasi belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran dengan prestasi belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013; 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Sampel diambil sebanyak 100 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier: Y = 660,188 + 3,000X1 + 2,608X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan proses pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,548 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012; 2) Proses pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,478 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015; 3) Lingkungan belajar dan proses pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,201 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 50,9% dan sumbangan efektif 11,5%, sedangkan variabel proses pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 49,1% dan sumbangan efektif 11,1%. Dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,226 (22,6%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Belajar, Proses Pembelajaran dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Jun 2013 11:27 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24393 |
Actions (login required)
View Item |