Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Tingkat Absensi Terhadap Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Operasional Pada Perusahaan Prima Nusantara Di Batang

Kurniawan, Ade Haris (2004) Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Tingkat Absensi Terhadap Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Operasional Pada Perusahaan Prima Nusantara Di Batang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (21kB)

Abstract

Perusahaan Kayu Prima Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dibidang proses pengolahan kayu. Dalam produktivitas sehari-hari, perusahaan tersebut membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai masa kerja dan tingkat absensi. Dengan latar belakang tersebut maka penulis mengambil judul : Pengaruh pengalaman kerja dan tingkat absensi terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja pada perusahaan Prima Nusantara di Batang. Perumusan masalah apakah masa kerja dan tingkat absensi terhadap peningkatan tersebut pada perusahaan Prima Nusantara di Batang. Maka perlu adanya hipotesa : pengalaman kerja dan tingkat absensi mempunyai pengaruh yang kuat dalam peningkatan produktivitas tenaga kerja di perusahaan Prima Nusantara di Batang, pengalaman kerja merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja pada perusahaan Prima Nusantara di Batang. Terbukti : Tanpa ada tambahan pengalaman kerja dan tingkat absensi maka produktivitas akan sama dengan 55142.962. Apabila pengalaman kerja mengalami penambahan sebesar satu tahun maka produktivitas juga akan mengalami peningkatan sebesar 777.093 unit, Apabila tingkat absensi mengalami penambahan sebesar satu hari maka kwalitas produktivitas akan meningkatkan sebesar 259.247 unit. Dibuktikan dengan uji “t” : Ada pengaruh yang significan antara variabel X1 (pengalaman kerja) terhadap Y (produktivitas) di tunjukkan dengan thitung lebih besar dari ttabel (4.687 > 1,960). Tidak pengaruh yang significan antara variabel X2 (Tingkat Absensi) terhadap Y (Produktivitas) di tunjukkan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (-2.905 < 1,960). Dibuktikan dengan uji “F” : Fhitung lebih besar dari Ftabel (4,125 > 3,32) menunjukkan tidak berpengaruh nyata secara bersama-sama antara variabel X1 (Pengalaman Kerja) dan X2 (tingkat Absensi) terhadap Y (Produktivitas) sehingga dapat dipastikan bukan hanya faktor kebetulan. Hasil dari analisa ini menunjukkan bahwa R2 = 0,619 yang artinya bahwa perubahan variabel Y (Produktivitas) 61,9 % dipengaruhi oleh X1 (Masa Kerja) dan X2 (Tingkat Absensi) secara serentak dengan variabel lain hanya mempunyai pengaruh sebesar 38,1%. Maka dari kesimpulan diatas dapat diketahui kedua variabel X1 dan X2 (Pengalaman Kerja dan tingkat absensi berpengaruh pada produktivitas).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 10:18
Last Modified: 10 Jun 2013 12:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24379

Actions (login required)

View Item View Item