Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Cara Mengajar Guru Dan Peranan Motivasi Belajar Biologi Terhadap Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar

MIARSIH, TITIK (2004) Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Cara Mengajar Guru Dan Peranan Motivasi Belajar Biologi Terhadap Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar menimbulkan persepsi pada diri siswa tentang guru, persepsi yang positif menumbuhkan motivasi yang lebih kuat untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi tentang cara mengajar guru terhadap kesulitan belajar biologi siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar biologi siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar; (3) interaksi dari persepsi tentang cara mengajar guru dan motivasi belajar terhadap kesulitan belajar biologi siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar. Sampel sebanyak 80 siswa, diambil dari 125 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data kesulitan belajar biologi diambil menggunakan dokumentasi, sedangkan persepsi terhadap cara mengajar guru dan motivasi belajar siswa diambil menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji anava dua jalur. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan kesulitan belajar biologi ditinjau dari persepsi tentang cara mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Persepsi terhadap cara mengajar guru berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar biologi yang dialami oleh siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar. 2) Motivasi belajar siswa berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar biologi yang dialami oleh siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar. 3) Interaksi dari persepsi terhadap cara mengajar guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar biologi yang dihadapi oleh siswa kelas II SMU Negeri 1 Jatipuro Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi mengajar guru, motivasi belajar, kesulitan belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Jun 2013 12:38
Last Modified: 05 Jun 2013 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24366

Actions (login required)

View Item View Item