Pengelolaan Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Ngadirojo

Susetya, Eko Budy (2012) Pengelolaan Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Ngadirojo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (872kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILIMIAH.pdf

Download (820kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik sumber kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. (2) Mendeskripsikan karakteristik kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. (3) Mendeskripsikan karakteristik penanganan kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sumber kenakalan siswa yang terjadi di SMA Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan dari faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dari lingkungan keluarga bersumber dari dalam diri siswa antara lain adalah sikap egois yang dimiliki oleh siswa. Yang berasal dari luar diri siswa adalah kurangnya disiplin yang diterapkan oleh orang tua dan kemarahan orang tua. Dilingkungan sekolah bersumber dari pengaruh teman-temannya, sikap guru ketika mengajar di dalam kelas. Kenakalan siswa juga dapat dipengaruhi lingkungan masyarakat dimana anak tinggal baik dengan teman sebaya maupun dengan orang yang lebih dewasa atau lebih tua. (2) Kenakalan siswa yang terjadi di lingkungan SMA N 1 Ngadirejo terbagi menjadi dua kelompok yaitu kenakalan yang sifatnya ringan dan berat. Kenakalan yang sifatnya ringan antara lain membolos, ngobrol atau ramai ketika jam pelajaran berlangsung, merokok, tidak mengerjakan PR sekolah, tidak memakai ikat pinggang dan kaos kaki, sering terlambat datang ke sekolah. Kenakalan siswa yang sifatnya berat antara lain tawuran, mencuri, mengkonsumsi narkoba, dll. Upaya dalam menanggulangi kenakalan siswa dilaksanakan secara preventif (pencegahan) dilakukan oleh guru BK melalui pendidikan remaja sebaya, kegiatan ekstrakurikuler, meningkatkan hubungan orang tua dan masyarakat (humas). Untuk upaya represif atau menghambat dengan memberikan nasehat dan peringatan secara lisan dan tulisan dan melakukan pendekatan dengan orang tua siswa. Untuk cara kuratif (penyembuhan) dan rehabilitasi (perbaikan) juga dapat dilakukan dengan jalan mengadakan pendekatan kepada siswa yang bersangkutan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kenakalan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2013 11:47
Last Modified: 05 Jun 2013 13:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24355

Actions (login required)

View Item View Item