Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Sikap Interaktif Siswa Dalam Menerima Pelajaran Bidang Studi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I Semester II SLTP Islam I Tanon Sragen Tahun Ajaran 2003/2004

SUPRIATI, SUPRIATI (2004) Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Sikap Interaktif Siswa Dalam Menerima Pelajaran Bidang Studi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I Semester II SLTP Islam I Tanon Sragen Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (842kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (764kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan sikap interaktif siswa dalam menerima pelajaran bidang studi matematika terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I semester II SLTP ISLAM I Tanon Sragen Tahun Ajaran 2003/2004. Sampel penelitian sebanyak 35 siswa. Pengmbilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Data di ambil dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus α. Teknik analisis data digunakan analisis regresi dua prediktor. Dari analisa data dua variabel bebas dan satu variabel terikat diperoleh harga sebesar 6,23 > 3,32 pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukkan bahwa Freg > Ftabel,. Dari analisis data satu variabel bebas dan satu variabel terikat pada hipotesis pertama diperoleh harga sebesar 10,372 > 3,32 pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukkn bahwa Freg > Ftabel. Untuk hipotesis kedua diperoleh harga sebesar 1,028 < 3,32 pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukan bahwa Freg < Ftabel. Untuk sumbangan relatif diperoleh harga sebesar 87,41% sedangkan untuk sumbangan efektif diperoleh harga sebesar 3,35%. Hal ini menunjukkan bahwa prediktor X1 memberikan sumbangan lebih besar dibandingkan dengan prediktor X2. Dari hasil di atas dapat disimpulkan : 1) Ada pengaruh antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika, 2) Tidak ada pengaruh antara sikap interaktif siswa dalam menerima pelajaran bidang studi matematika terhadap prestasi belajar matematika, 3) Ada pengaruh antara kemampuan numerik dan sikap interaktif siswa dalam menerima pelajaran bidang studi matematika terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerik, sikap interaktif siswa dalam menerima pelajaran bidang studi matematika, prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 03 Jun 2013 11:54
Last Modified: 03 Jun 2013 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24342

Actions (login required)

View Item View Item