Pengaruh Penataan Jalan Lingkungan Melalui Pavingisasi Terhadap Kualitas Lingkungan ( Studi Kasus Kel. Bandungrejo, Kaw. Mranggen, Kab. Demak )

Febrianto, Andri Eka (2013) Pengaruh Penataan Jalan Lingkungan Melalui Pavingisasi Terhadap Kualitas Lingkungan ( Studi Kasus Kel. Bandungrejo, Kaw. Mranggen, Kab. Demak ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf

Download (967kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permukiman yang padat di perkotaan merupakan salah satu permasalahan pokok yang sejak lama telah berkembang di kota-kota besar. Pemukiman kumuh merupakan sebuah masalah karena wilayah kawasan kumuh ini merupakan bagian yang terabaikan dalam pembangunan perkotaan. Pertumbuhan penduduk merupakan faktor utama yang mendorong pertumbuhan permukiman, sedangkan permukiman kumuh (slum), mencakup tiga segi, pertama kondisi fisiknya, kedua kondisi sosial ekonomi budaya komunitas yang bermukim di permukiman tersebut, dan ketiga dampak dari kedua kondisi tersebut. Kondisi fisik tersebut antara lain tampak dari kondisi bangunannya yang sangat rapat dengan kualitas konstruksi rendah, jaringan jalan tidak berpola dan tidak diperkeras, sanitasi umum dan drainase tidak berfungsi serta sampah belum dikelola dengan baik. Permukiman kumuh merupakan produk pertumbuhan penduduk miskin dan akibat kurangnya pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan dan menyediakan pelayanan kota yang memadai. Kondisi sosial ekonomi masyarakat yang berada di kawasan pemukiman kumuh antara lain mencakup tingkat pendapatan rendah, adanya tingkat frekuensi, tingkat volume yang tinggi, norma sosial yang longgar, budaya kemiskinan yang mewarnai kehidupannya yang antara lain tampak dari sikap dan perilaku yang apatis. Kondisi tersebut sering juga mengakibatkan kondisi kesehatan yang buruk, sumber pencemaran, sumber penyebaran penyakit dan perilaku menyimpang, yang berdampak pada kehidupan kota keseluruhannya. Oleh karena itu pemukiman kumuh dianggap sebagai penyakit kota yang harus diatasi. Kelurahan Bandungrejo ini merupakan kawasan permukiman yang dekat dengan Kawasan Industri dimana penduduknya sebagian menggunakan rumahnya untuk dijadikan rumah kos bagi karyawan pabrik di sekitarnya. Kawasan ini merupakan kawasan permukiman yang berkembang pesat, dan berkepadatan cukup tinggi akibat dampak dari pertumbuhan rumah kos. Permasalahan-permasalahan yang mendasar dan penurunan kualitas lingkungan hunian menyebabkan kawasan permukiman tersebut terlihat kumuh. Munculnya permasalahan permukiman kumuh menyebabkan lingkungan tidak sehat dan untuk itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengaruh dari penataan jalan lingkungan melalui pavingisasi terhadap kualitas lingkungan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan pada kondisi sarana prasarana lingkungan terutama jalan yang rusak sudah menjadi baik dan dapat menjangkau seluruh masyarakat untuk kebutuhan mereka. Sedangkan jika dilihat dari segi ekonomi dan sosial telah terjadi perubahan sebelum dan setelah dilakukannya penanganan. Penataan jalan lingkungan melalui Pavingisasi di kawasan tersebut tergolong cukup mempunyai andil setelah dibangunnya jalan paving dan dapat bermanfaat bagi masyarakat disana sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan di Kelurahan Bandungrejo, Kawasan Mranggen, Kabupaten Demak.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: permukiman , pavingisasi, lingkungan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jun 2013 05:36
Last Modified: 03 Jun 2013 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item View Item