Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SD Negeri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo

Suprayogo., Amat Yamin and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SD Negeri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_AMAT_YAMIN.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_AMAT_YAMIN.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I-AMAT_YAMIN.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II-AMAT_YAMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III-AMAT_YAMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV-AMAT_YAMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V-AMAT_YAMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA-AMAT_YAMIN.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_AMAT_YAMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan (1) antara penguasaan kosakata dengan prestasi belajar bahasa Bahasa Indonesia, (2) antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar bahasa Bahasa Indonesia, dan (3) antara penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah 603 siswa dari 30 SD Negeri se Kecamatan Gebang. Penentuan sampling penelitian ini dengan teknik proporsional random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang bersifat tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara (1) terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan besarnya korelasi antara variabel X1 dengan Y yaitu sebesar 0,153 < 0,148 (r tabel dengan taraf signifikasi 5% dan besarnya sampel 163); (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, hal ini ditunjukkan dengan besarnya korelasi antara variabel X2 dengan Y yaitu sebesar 0,243 > 0,148 (r tabel dengan taraf signifikasi 5% dan besarnya sampel 163); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kosakata dan kemampuan membaca pemahaman secara bersamasama dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda maka dapat diketuhi besarnya koefisien korelasi berganda adalah 0,400 dan besarnya korelasi tersebut kurang dari 0,148 (r tabel dengan taraf signifikasi 5% dan besarnya sampel 163).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Kemampuan Membaca Pemahaman, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 May 2013 12:17
Last Modified: 21 Oct 2021 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24321

Actions (login required)

View Item View Item