Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Transformasional Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Erawati, Susi Endang and , Dr. Nisa Rachmah Nur Anganthi, M.Si, Psikolog (2013) Pengaruh Pelatihan Kepemimpinan Transformasional Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

Karyawan UMS yang berperan sebagai karyawan administrasi, dosen maupun yang menjalankan fungsi manajemen belum optimal, terbukti peran karyawan direspon secara tidak memuaskan oleh mahasiswa. Tidak optimalnya peran karyawan ini ada kemungkinan merupakan wujud nyata dari ketidakpuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan. Keberhasilan menciptakan kepuasan kerja karyawan tidak lepas dari peran kepemimpinan, karena pemimpin yang berhasil akan mampu mempengaruhi, menggerakan dan mengarahkan suatu tindakan pada diri seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan kepuasan kerja setelah diberi pelatihan kepemimpinan transformasional dengan sebelum diberi pelatihan kepemimpinan transformasional. Subjek penelitian yaitu karyawan di Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 31 orang, jumlah tersebut merupakan hasil screening dari 40 karyawan. Alat pengumpulan data menggunakan skala kepuasan kerja dan skala kepemimpinan transformasional. Perhitungan analisis data menggunakan teknik analisis non parametrik mann whitney U test dan independent sample test (uji-t). Hasil analisis data menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar -8.729; p=0,000 (p<0,01) menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan kerja karyawan sebelum pemimpinnya diberikan pelatihan (pretest) kepemimpinan transformasional dengan pemimpin yang sudah diberikan pelatihan (postest) kepemimpinan transformasional. Rerata empirik kepuasan kerja sebelum diberi pelatihan sebesar 64,45 semantara rerata kepuasan kerja setelah diberikan pelatihan kepemimpinan transformasional sebeasr 74,61, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan kepemimpinan transformasional efektif untuk meningkatkan kepuasan kerja pada karyawan UMS.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja dan Kepemimpinan Transformasional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 31 May 2013 11:44
Last Modified: 26 Oct 2021 01:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item View Item