Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Posing di Kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Pacitan Tahun Pembelajaran 2011/2012

Dwiyuliani, Betik and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Posing di Kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Pacitan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (833kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (933kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika melalui strategi problem posing di kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Kabupaten Pacitan. (2) Untuk mengetahui peningkatan kualitas out put pembelajaran Matematika melalui strategi problem posing di kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jenis penelitian yang tepat adalah dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang menerapkan 2 siklus. Siklus tersebut terdiri atas 4 kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Data yang dianalisis adalah dalam non tes (selama proses pembelajaran) dan tes (setelah proses pembelajaran). Pemeriksaan keabsahan data peneliti adalah triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran Matematika melalui strategi problem posing di kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang mengalami peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Sebelum diberikan tindakan persentase keaktifan siswa hanya mencapai 49.00% dalam kategori cukup baik. Setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan menjadi 63.33% pada siklus I dalam kategori baik, dan meningkat menjadi 81.11% pada siklus II dalam kategori sangat baik. (2) Terjadi peningkatan kualitas out put pembelajaran Matematika melalui strategi problem posing di kelas X Multimedia 3 SMK PGRI Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Kualitas out put dilihat dari hasil belajar siswa yang mampu mencapai nilai KKM. Sebelum diberikan tindakan berupa penerapan strategi problem posing rata-rata kelas hanya mampu mencapai nilai 60.22 dengan ketuntasan belajar siswa hanya mampu mencapai persentase sebesar 37.78%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata menjadi 65 dengan persentase ketuntasan sebesar 51.11%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 93.33%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pembelajaran, matematika, problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 08:42
Last Modified: 21 Oct 2021 02:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24296

Actions (login required)

View Item View Item