Pengembangan Pembelajaran PKn dengan CTL di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten

Purwanto, Bambang Tri and , Dr. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd. and , Drs. Achmad Muhibbin, M.Si (2013) Pengembangan Pembelajaran PKn dengan CTL di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Tesis_PDF.pdf

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_tesis_PDF.pdf

Download (350kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Tesis_PDF.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran_Tesis_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang implementasi strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten, dan dampak implementasi strategi CTL dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan isi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan analisa model interaktif. Keabsahan data menggunakan metode Trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah berlangsung dengan baik di SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten, dengan memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis CTL sehingga visi, misi, dan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, terampil, dan bertanggungjawab dapat terwujud. 2) Penerapan strategi CTL dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mempunyai dampak yang positif dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penerapan strategi CTL dapat dilihat dari penerapan prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual: 1) Konstruktivisme (Contructivism), 2) Menemukan (Inquiry), 3) Bertanya (Questioning), 4) Masyarakat belajar (Learning Comunnity), 5) Pemodelan (Modelling), 6) Refleksi (Reflection), dan 7) Penilaian sebenarnya (Authentic Assessment).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi strategi CTL, mutu proses pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 08:15
Last Modified: 21 Oct 2021 02:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24295

Actions (login required)

View Item View Item