Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan

Wibowo, Nur Agung and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses penyusunan program di KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus, (2) untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan di KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus, (3) untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan peserta KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus, dan (4) untuk mendeskripsikan proses interaksi yang terjadi dalam KKG Program Bermutu Gugus Pati Unus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Penelitian dilakukan di KKG Gugus Pati Unus Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan, yang beralamat di SD Negeri 2 Telawah desa Telawah, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Informan adalah pengurus KKG, guru pemandu dan anggota KKG. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dari Miles yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) program KKG pada tahap II tahun 2011 disusun secara sistematis sesuai pedoman penyelenggaraan KKG Program Bermutu. Mekanisme penyusunan program KKG dilakukan oleh pengurus Gugus dan Guru Pemandu, analisisa kebutuhan tanpa keterlibatan langsung guru sebagai peserta dan pengguna hasil KKG, (2) KKG dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Adanya kepentingan dinas yang bersamaan dengan jadwal kegiatan mengakibatkan pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, (3) tingkat kedisiplinan guru dalam mengikuti KKG masih rendah, sebagian besar guru datang ke SD Inti lebih lambat dari jadwal dimulainya pelaksanaan KKG, dan (4) Interaksi yang terjadi cenderung dua arah , guru pemandu dan nara sumber menyampaikan materi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Intensitas kerja kelompok termasuk kecil. Peserta kurang aktif dalam pelaksanaan kegiatan, karena materi KKG Bermutu pada tahap kedua lebih ditekankan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan materi baru yang cukup sulit untuk dipahami peserta KKG. Di samping itu Guru Pemandu kurang mampu mengemas dengan metode yang bervariasi, sehingga suasana KKG seperti kegiatan penataran dan bukan kelompok kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Program Kerja, pelaksanaan kegiatan, kedisiplinan anggota, dan interaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 07:04
Last Modified: 20 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item View Item