Pengelolaan Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Lesson Study di Kelas VIII F SMP N 1 Sambi

Ariyanto, Soni Yuda (2013) Pengelolaan Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Lesson Study di Kelas VIII F SMP N 1 Sambi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (753kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan sarana prasarana pendukung pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study, (2) mendeskripsikan praktik pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study, dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sambi, jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model alir dengan prosedur,(1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study dikelas VIII F SMP N 1 Sambi dapat meningkatkan profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran, guru dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam melaksanakan pembelajaran, keaktifan siswapun menjadi meningkat dengan adanya pengembangan‐pengembangan yang dilakukan oleh guru. Keaktifan itu dapat dilihat pada saat pembelajaran dilaksanakan. Sebelum diadakan pengembangan pembelajaran berbasis Lesson Study, proses pembelajaran hanya terpusat pada guru. Setelah diadakan pengembangan pembelajaran dengan model yang baru, maka siswa dapat ikut aktif dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dikelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan dan Lesson Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2013 06:10
Last Modified: 30 May 2013 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24282

Actions (login required)

View Item View Item